Pages

Sabtu, 21 Februari 2015

Pantai Watu Dodol Banyuwangi



         Pantai Watu Dodol merupakan obyek wisata yang ada di Banyuwangi – Pantai watu dodol terletak di sebalah utara kota Banyuwangi. Jika anda masuk kota Banyuwangi dari arah Utara atau dari Kota situbondo, sebelum masuk pelabuhan ketapang, Anda akan menemui patung Gandrung (Kesenian khas Banyuwangi) di sebelah kiri, yang di tengah-tengah jalan terdapat batu besar. Itulah yang disebut Watu Dodol.

Watu adalah bahasa Jawa, yang berarti Batu dan Dodol adalah Jenang, dalam bahasa jawa. Konon Batu itu berasal dari jualannya Kyai Semar yang terjatuh di tempat tersebut. Sedangkan berasnya tumpah, menjadi pasir yang bersih di sekitar pantai. Ini juga aneh, di celah batu tumbuh pohon kelor. Konon kayu kelor tersebut yang digunakan kyai semar untuk memikul dodol yang patah.

Bagi masyarakat Jawa, kelor merupakan senjata pamungkas untuk menghilangkan segala pengaruh mistik yang dimilki seseorang. Seperti ilmu kanuragan atau ilmu hitam, diyakini akan luntur bila bersentuhan dengan kayu kelor. Sementara bagi warga Using, merupakan bahan sayur segar yang disajikan pada siang hari. Terutama pada hari ke-2 dan setelah pada Idul Fitri. Bisa dipastikan, banyak orang Using yang memasak sayur daun kelor.

Untuk masalah makanan dan minuman, di pantai wisata ini telah tersedia warung-warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Selain itu juga terdapat kios-kios souvenir yang menyediakan barang-barang kerajinan berbahan baku dari kerang kerangan dan batu batuan laut.
Obyek wisata Pantai watu Dodol di Banyuwangi ini berada di wilayah Kecamatan Kalipuro – Banyuwangi, terletak di perlintasan jalur Banyuwangi dan Situbondo membuat obyek wisata ini sangat mudah diakses baik dari arah Situbondo maupun dari arah Banyuwangi kota. Dari arah Banyuwangi kota ke obyek wisata Pantai watu Dodol di Banyuwangi ini dapat ditempuh dengan jarak 14 kilometer ke arah utara. Atau sekitar kurang lebih 5 kilometer dari pelabuhan ketapang.


Keunikan lain yang dapat di temukan di pantai watu dodol ini adalah BatuKarang yang bentuknya berbeda dengan karang kebanyakan. Batu Karang di Pantai Watu Dodol berwarna hitam mengkilap dan sangat keras. Tumbuhan kaktus juga banyak di temukan tumbuh di sekitar bebatuan.


Di Pantai Watu Dodol juga terdapat dua Bunker (tempat pertahanan sekaligus persembunyian) yang di bangun pada masa pendudukan jepang tahun 1942-1945.

1 komentar: