Pages

Sabtu, 21 Februari 2015

Sukamade




Jika ingin menjajal petualangan seru, berkunjunglah ke Banyuwangi. Kabupaten bertajuk Sunrise of Java ini memiliki Pantai Sukamade yang dikenal memiliki rute yang menantang. Lanskap yang dilalui, tak kalah eksotik. Asyik!

Pantai Sukamade Terletak di 97 km kearah barat daya darikota Banyuwangi pantai ini terbilang cukup jauh dari pusat kota Banyuwangi, tidak semua kendaraan dapat menuju pantai tersebut. Untuk anda yang berjiwa tantangan dan berpetualang pantai sukamade sangat cocok untuk anda coba, akses jalan yang terbilang ekstrim akan memacu adrenalin para wisatawan yang akan menuju ke pantai tersebut.

Pantai ini ada di wilayah Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) dan juga salah satu dari Segitiga Berlian di Banyuwangi, selain Pantai Plengkung dan Kawah Ijen. Menuju ke Pantai Sukamade yang jaraknya hampir 100 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi. Setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan.

"Trip ke Ijen, Plengkung dan Pantai Sukamade adalah salah satu destinasi wisata yang laris manis diburu wisatawan saat ini. Apalagi menuju ke Sukamade banyak pantai-pantai lain yang bisa dikunjungi.

Untuk ke sini, paling asyik naik mobil 4x4 alias double gardan atau kendaraan sejenis off road lainnya. Jalur yang berlumpur dan bebatuan akan membuat andrenalin memuncak.

Jalanan berkelok serta menanjak bebukitan, batuan terjal dan tanah becek sengaja dibiarkan alami agar pengunjung merasakan sensasi perjalanan yang tak terlupakan. Perjalanan menantang itu hampir sepanjang 30 kilometer.
dalam perjalanan kita akan melewati gunung gamping dengan berbagai macam pepohonan. 

Sebelum sampai di pantai yang dijuluki sarang penyu tersebut kita akan melewati 2 pantai yaitu pantai Rajegwesi dan pantai Teluk ijo (green bay banyuwangi ). Sesampainya disana kita akan menemukan penangkaran penyu, para wisatawan dapat menyaksikan proses penyu bertelur sampai penyu tersebut kembali ke laut hingga ikut melepaskan anakan penyu yang sudah menetas.

jika malam hari kita dapat menyakksikan indukan penyu yang sedang bertelur. Ada 4 jenis penyu yang dapat kita jumpai dari 6 penyu yang berada di Indonesia yaitu : Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Slengkrah (Lepidochelys olivaceae), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriaceae). akan tetapi penyu yang sering mendarat di pantai sukamade ini adalah Penyu Hijau. penyu-penyu yang dilepaskan ke laut akan kembali lagi ke penangkaran setelah beberapa tahun.

Nikmati keindahan alam laut Banyuwangi yang eksotis dan penuh dengan keindahan.


2 komentar:

  1. Mari kita ramaikan semua obyek wisata di banyuwangi, Pulau Merah, Kawah Ijen, G-Land, Pantai Grajagan, Teluk Hijau, Sukamade, Gunung Raung, Watu Dodol, Kalibendo, Kampung Using, Kampung Anyar , dsb...
    http://ayobanyuwangi.blogspot.com/

    BalasHapus