Pages

Kamis, 19 Februari 2015

TELUK HIJAU (GREEN BAY) BANYUWANGI






          Teluk Ijo atau sering disebut juga Green Bay, namanya mungkin tidak sepopuler Rajegwesi atau Sukamade. Tetapi Teluk ini mempunyai daya tarik tersendiri dengan pesona pasir yang putih dan lembut, air terjun setinggi 8 meter dan pemandangan karang yang indah. Sesekali, kita bakal mendengar suara burung di antara pepohonan, suara ombak membuncah di batu karang teluk, dan hembusan angin yang sesekali lewat menderu.

Sesuai dengan namanya, Teluk ini berwarna hijau jika dilihat dari jauh. ini berbeda dengan kebanyakan Teluk atau Laut yang biasanya berwarna Biru. Warna hijau tersebut karena didasar perairan dangkalnya terdapat Alga yang memantulkan warna hijau di permukaan perairannya.


Banyuwangi memiliki banyak keindahan alam yang berpotensi sebagai obyek wisata. Salah satu kawasan wisata yang memiliki banyak potensi sebagai obyek wisata di Kabupaten Banyuwangi adalah kawasan Teluk Ijo. Kawasan ini memiliki kekayaan dan keindahan alam yang dapat dikembangkan menjadi suatu obyek wisata. Tenangnya kawasan hutan yang masih alami, kicaunya suara burung diantara pepohonan, batu – batu karang yang berdiri kokoh di sekitar laut yang menggelora dan deburnya suara ombak yang tiada hentinya akan membuat segala kegiatan wisata yang dilakukan menjadi lebih menyenangkan.

Keberadaan kawasan wisata Teluk Ijo akan menjadi suatu obyek wisata yang menarik dan menyenangkan dengan segala potensi dan kesiapannya di masa yang akan datang dalam menunjang pengembangan kepariwisataan Indonesia.

Untuk mencapai Teluk Ijo memang membutuhkan perjalanan yang menantang andrenalin. Melalui jalan setapak yang curam dan berbatu, pengunjung harus menuruni bukit dan menembus hutan dengan pepohonan yang besar-besar. Setelah melewati medan yang cukup menguras stamina, Anda akan sampai didaerah yang terbuka. 

Terdengar deburan ombak besar menghantam karang. Suaranya tidak seperti suara ombak, tapi bergemuru seperti suara batu-batu yang berjatuhan. Dihadapan anda terbentang pantai, tapi jangan terkecoh, ini bukan Telok Ijo. Pantai yang anda lihat dipenuhi hamparan bebatuan bulat yang terdiri berbagai ukuran besar kecil yang tersususn rapi disepanjang garis pantainya. Hampir tidak nampak pasir layaknya pantai pada umumnya. Inilah pantai batu, konon dulunya pantai ini berpasir, tapi semenjak terkena Tsunami di tahun 1994, mendadak dipenuhi banyak batu yang diperkirakan berasal dari dasar laut.




Teluk Ijo terletak di Kabupaten Banyuwangi, bagian Selatan Pesanggaran, Desa Sarongan. Wilayahnya termasuk dalam Taman Nasional Meru Betiri. Inilah Surga yang tersembunyi di Banyuwangi. Pantai yang tersembunyi ini memiliki hamparan pasir putih yang menawan. Pasirnya begitu halus sehingga mudah melekat di kulit. Perpaduan antara pasir putih, air laut yang jernih berwarna kehijauan dan suasana yang asri akan membuat siapapun yang melihatnya merasa kagum.

Estimasi waktu yang dibutuhkan dari Genteng-Jajag-Rajegwesi sekitar 3 jam (menggunakan sepeda motor). Sampai di Rajegwesi anda akan berjumpa dengan pertigaan: yang ke kiri menuju pantai Rajegwesi dan yang ke kanan menuju Teluk Ijo dan Sukamade. Letak Teluk Ijo tak terlalu jauh dari pemukiman penduduk yang paling akhir di daerah Rajegwesi. Oleh karena itu, jika anda membawa kendaran lebih baik jika kendaraan itu dititipkan ke penduduk. Lalu, perjalanan menuju Teluk Ijo dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Teluk Ijo adalah sekitar 30 menit di jalan utama dan 30 menit di jalan setapak.


Ada 2 cara menuju teluk ijo dari tempat pintu masuk, diantaranya : 
1. Lewat Darat
Anda harus mendaki bukit kecil dan menuruni bukit terjal lewat jalan setapak kira-kira 1-1,5 jam. Namun yang perlu diingat bahwa Teluk Hijau bukan pantai yang anda lihat ketika selesai menuruni bukit. Justru anda harus terus dan dibalik pantai itulah Teluk Ijo.

2. Lewat Laut
Ini cara paling mudah. Anda sewa perahu dari pantai Rajekwesi langsung menuju Teluk Ijo. Kalau tidak salah sekitar 200.000-an untuk PP. Teluk Ijo akan ditempuh dalam 45 menit one way nya. Tapi anda harus cukup punya “nyali” karena dengan perahu kecil tersebut dan melalui ombak pantai selatan. Namun anda akan mendapatkan moment yang baik selama trip dengan perahu tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar